Rabu, 07 Juli 2010

Proposal Taman Pendidikan Al-Qur`an

Dasar Pemikiran

Suatu kenyataan pada hari ini banyak masjid dan musholla yang masih belum optimal dalam memberikan kontribusinya di bidang pendidikan terhadap generasi penerus khususnya anak-anak muslim. Banyak masjid dan musholla yang belum memiliki TKA,TPQ, atau kegiatan pendidikan dasar islam lainnya yang sejatinya kegiatan-kegiatan tersebut layak dilakukan disana. Hal tersebut disebabkan karena minimnya kader-kader dibidang tersebut atau sebab teknis lainnya. Berangkat dari sebuah keinginan yang kuat untuk turut serta memakmurkan masjid, maka kami mencoba memberikan solusi kongkrit dengan cara membantu masjid dan musholla mengadakan kegiatan pendidikan anak khususnya di bidang pengajaran al-Qur`an. Dan semoga kita termasuk golongan orang-orang yang disebutkan oleh Allah dalam firman-Nya :

" hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari Kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, Maka merekalah orang-orang yang diharapkan Termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk" . (at-Taubah:18)

serta sabda Rosulullah SAW

 

خـيركـم من تعـلّم القـرآن و علّـمه

"Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari al-Qur`an dan yang mengajarkannya"

Sejatinya mempersiapkan generasi anak-anak bangsa yang memiliki nilai-nilai keislaman yang kaffah adalah tugas setiap muslim, namun untuk mewujudkan tugas tersebut dibutuhkan banyak potensi untuk saling bersinergi agar mencapai hasil yang maksimal.

 

Latar Belakang

Sesungguhnya masjid dan musholla adalah salah satu sarana ibadah yaitu tempat dimana masyarakat muslim menunaikan aktivitas ibadahnya kepada Allah Ta`la. Sejatinya fungsi masjid dan musholla bukan hanya tempat untuk menunaikan sholat akan tetapi seluruh aktivitas ibadah lebih utama ditunaikan di masjid, tak terkecuali ta`lim atau pembinaan agama terhadap anak-anak muslim.

Sehubungan dengan hal tersebut kami rekan-rekan alumni Pendidikan Dasar `Ulama – MUI JAKUT dengan bermodalkan niat baik serta do`a dan kerja keras, membuka diri untuk membantu masyarakat melaksanakan kegiatan pendidikan dalam bentuk Taman Pendidikan Al-Qur`an (TPQ) di masjid atau mushola di lingkungan mereka. Namun diumur TPQ kami yang seumur jagung ini kami sangat membutuhkan patisipasi masyarakat dalam bentuk bantuan dana, baik untuk bantuan honor guru maupun untuk pengadaan sarana perlengkapan mengajar.

Oleh karena itu, demi kelancaran kegiatan tersebut, kami membutuhkan sumbangsih baik materil maupun moril dari berbagai pihak dan semoga segala  bentuk sumbangsih kita dinilai sebagai salah satu bentuk ibadah kita kepada Allah SWT.

Rosulullah bersabda:

إِذَا مَاتَ اِبْن آدَمَ اِنْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثٍ صَدَقَةٌ جَارِيَةٌ أَوْ عِلْمٌ يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدٌ صَالِحٌ يَدْعُو لَهُ

“Jika seorang anak adam (manusia) mati maka terputuslah amalnya kecuali 3, yaitu: 1. sogaqoh jariyah, 2. ilmu yang bermanfaat dan 3. anak yang soleh yang senantiasa mendoakannya”.


Tujuan

Dana yang diberikan nanti akan digunakan untuk  operasional TPQ.

Penutup

Demikian proposal ini kami buat, semoga banyak pihak berpartisipasi untuk membantu suksesnya kegiatan ini dan semoga dengan kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi masjid, ummat dan generasi islam. Dan hanya kepada Allah sajalah kami berserah diri. 

Walhamdulillahi rabbil ‘alamin.

 

Jakarta 20 Mei 2009

WINDI ISKANDAR

KEPALA  TPQ


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

kirimkan komentar anda *pilih anonymus jika anda tidak memiliki akun google