Senin, 12 Juli 2010

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Spesial


Al-Imam Al-Gozali berkata tentang pendidikan anak dalam Ihyanya: "kewajiban pertama seorang pengajar adalah mengajarkan anak didik dengan pelajaran-pelajaran yang mudah dipahami olehnya, karena mata pelajaran yang sulit akan membuat akalnya terbebani dan membuatnya lari dari ilmu pengetahuan..." beliau juga berpendapat: "dan anak didik haruslah diajak untuk beraktivitas di sela-sela belajarnya seperti jalan, bergerak dan berolah raga agar kiranya ia tidak dikalahkan oleh rasa malas."

Kesimpulan pandangan diatas adalah bahwasanya wajib bagi para pendidik memperhatikan psikologi dasar dari seorang anak yang menuntut kegembiraaan di setiap aktivitas mereka, di usia mereka yang dini seluruh aktivitas -tak terkecuali belajar- harus dikemas secara menyenangkan dan mengasyikan agar tak membosankan.

Lembaga pendidikan atau seorang guru dituntut memiliki kepekaan terhadap psikologi peserta didiknya, ia pandai mengelola kegiatan belajar mengajar sehingga tidak membosankan. 

Diantara cara mengatasi kejenuhan KBM adalah dengan merencanakan KBM Edisi Spesial. KBM spesial biasanya diselenggarakan bertepatan dengan momen atau event tertentu seperti hari kemerdekaan, hardiknas, atau hari anak. Rencanalanlah KBM spesial pada momen-momen tersebut, anda bisa menggunakan kreasi untuk menjadikan KBM lebih spesial dari biasanya.

Ucapan dan Mewarnai

Diantara kreasi Bidayatul Mujtahid dalam menyelenggarakan KBM spesial adalah dengan menyatukan 2 hal:

1. Ucapan selamat

2. Mewarnai

Kreasi ini sangat sederhana sekali, yang anda butuhkan adalah membuat lembar mewarnai/coloring page yang berupa huruf-huruf yang nantinya huruf-huruf tersebut diwarnai dan dirangkai menjadi sebuah ucapan selamat/greeting card.

Kelas Terbuka

Yang dimaksud kelas terbuka disini adalah, belajar diluar kelas, usahakan untuk memilih lokasi hijau seperti taman kota atau sarana rekreasi. Taman kota menjadi pilihan bijak guna menyelenggarakan KBM spesial karena kita tidak perlu mengeluarkan cost terlalu banyak dan perencanaan yang rumit. carilah lokasi taman-taman kota kemudian amati kapan waktu terbaik untuk anda menyelenggarakan KBM spesial. Tak perlu panik terhadap pengunjung lain karena hal tersebut semakin menghidupkan suasana KBM spesial, pilihlah model KBM yang sesuai seperti lomba atau games jika lokasi taman kota adalah lokasi yang ramai dikunjungi, jika tidak maka model KBM seperti story telling/cerita bisa dilaksanakan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kirimkan komentar anda *pilih anonymus jika anda tidak memiliki akun google