Minggu, 25 Juli 2010

Dari Generasi untuk Bumi

Bismillah.

Bumi adalah tempat tinggal manusia, sepanjang ia lestari sepanjang itu pula manusia bereksistensi. Namun bumi kian hari kian tua , ringkihnya terlihat disana sini, faktor usia memang tak bisa dihindari namun tangan jahil manusia juga berperan dalam memperpendek umur bumi. Penebangan liar, ekploitasi berlebihan pada air tanah, kebakaran hutan, sampah, efek rumah kaca semua itu adalah aktivitas manusia yang memperpendek umur bumi. Para aktivis bumi semenjak dulu telah berteriak-teriak membela bumi, seingat saya dulu ketika kecil group band Kantata Taqwa telah memasukan kritik terhadap efek rumah kaca didalam syair lagu mereka. Namun...."Ajing menggonggong kafilah tetap berlalu" adalah aqidah yang dipegang teguh para oknum yang tak punya hati nurani tanpa sedikit saja menyadari siapa sang anjing dan siapa sang kafilah, dan bumi terus merana tanpa suara.....


Dari Generasi untuk Bumi 

Menggeneralisir kesalahan kepada para oknum terkadang bukan tindakan yang bijak juga, karena ternyata tanpa disadari pola hidup sehari-hari kita juga adalah faktor penting ketidak selamatan bumi, konsumsi plastik yang berlebihan, penggunaan CFC pada perangkat rumah tangga, sampah adalah diantara pola hidup kita yang tak disadari diam-diam perlahan pelan membunuh bumi.

Kampanye untuk mensosialisasikan hal tersebut sudah banyak dilakukan, namun sikap masa bodoh, egoisme adalah kendala suksesnya kampanye tersebut. Jalan lain yang akan ditempuh untuk menyelamatkan bumi adalah memberikan pemahaman yang baik terhadap generasi penerus -wa bil khusus anak-anak- tentang pentingnya menjaga lingkungan demi panjangnya umur bumi, hal ini dilakukan karena mereka belum terbentuk dan berpeluang untuk memiliki pola hidup yang ramah terhadap lingkungannya.

 Saya memiliki apresiasi yang sangat baik dengan apa yang dilakukan oleh Tunas Hijau dengan menjadikan anak-anak sebagai segmen kampanye lingkungan mereka, mulai dari penerbitan komik,poster,lagu sampai permainan ular tangga semua dikemas dalam kampanye pendidikan lingkungan hidup. Bagi anda yang memiliki anak didik sperti TK, PAUD, TPA etc saya sarankan untuk mampir kesana guna mendapatkan informasi tentang pendidikan lingkungan terhadap anak plus mendownload konten-konten menarik yang bisa dijadikan sarana edukasi di lembaga pendidikan anda, semoga hal tersebut sebagai bagian dari usaha kita menyelamatkan bumi tempat tinggal kita :up:. 


sumber: pakde windi blog di http://my.opera.com/arian12

bagikan artikel ini ke sahabat Bookmark and Share


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kirimkan komentar anda *pilih anonymus jika anda tidak memiliki akun google