Minggu, 25 Juli 2010

Media Kreatif Membantu Anak Belajar di Rumah

Bismillah.
Sebenernya posting ini sekedar daftar favorit link yang kudu saya abadikan, pasalnya jika lupa ribet juga nyari laginya di google *based of true story mode: on

Fun Free Aplication For Your Kids Education

Al-Imam Al-Gozali berkata tentang pendidikan anak dalam Ihyanya: "kewajiban pertama seorang pengajar adalah mengajarkan anak didik dengan pelajaran-pelajaran yang mudah dipahami olehnya, karena mata pelajaran yang sulit akan membuat akalnya terbebani dan membuatnya lari dari ilmu pengetahuan..." beliau juga berpendapat: "dan anak didik haruslah diajak untuk beraktivitas di sela-sela belajarnya seperti jalan, bergerak dan berolah raga agar kiranya ia tidak dikalahkan oleh rasa malas."

Kesimpulan pandangan diatas adalah bahwasanya wajib bagi para pendidik memperhatikan psikologi dasar dari seorang anak yang menuntut kegembiraaan di setiap aktivitas mereka, di usia mereka yang dini seluruh aktivitas -tak terkecuali belajar- harus dikemas secara menyenangkan dan mengasyikan agar tak membosankan.

Maktabah Raudhah al-Muhibbin


Gak sempet nganter anak ke Taman Pendidikan A-Qur`an, atau anda butuh materi tambahan guna membiasakan anak mencintai ilmu pemgetahuan islam... naaaah....tepat sekali jika anda mampir di Maktabah Raudhah al-Muhibbin sebuah taman bacaan online yang digagas oleh bebarapa ikhwah mukhlisin -semoga Allah membalas budi baik mereka-, Saya jamin anak-anak anda betah belajar disana karena materi-materi pelajaran disajikan sangat menarik dalam bentuk yg bermacam-macam. Diana ada jurnal anak muslim yang terbit tiap bulan sekali, contennya mulai dari aqidah untuk si kecil sampai ilmu pengetahuan dan teknologi sederhana buat mereka. Ada juga buku-buku cerita para Nabi, game educatif seperti kuartet bahasa arab, bingo, siroh sahabat star matching, puzle, dan buanyak lagi semuanya disajikan dalam bentuk buku elektronik yang printable (bisa di cetak print) dan tentunya gratissss...tanpa daftar atau tetek bengek persyaratan macem-macem.
Ayo tunggu apalagi.....silahkan klik http://www.raudhatulmuhibbin.org/ manjakan putra putri anda dengan pelajaran-pelajaran menarik serta bermutu

Game Mencari Kata (Search word)

Game "purba" ini masih sangat menarik bagi anak-anak tergantung sekenario apa yang disajikan sang pendidik untuk menjadi prolog gamenya. Tingakat kesusahan pun bisa disesuaikan mulai dari "easy" sampai "hard" tegantung pesertanya. Bagi para orang tua bisa membantu anak-anaknya untuk mengulang pelajaran dengan membuat game ini berdasarkan materi yang dipelajarinya.


Download aplikasi gratis Word Search Creator, ini adalah aplikasi pembuat lembar kerja game mencari kata, bisa bekerja di windows dan linux, anda hanya membutuhkan mesin print untuk mencetaknya.
Tertarik...? sambangi saja langsung situsnya http://wordsearchcreator.org/

Teka-teki silang (Crossword) 

Banyak orang menghabiskan waktunya untuk mengisi TTS, ia menjadi menarik karena tiap jawaban akan menjadi petunjuk jawaban berikutnya layaknya seorang ditektif yang membongkar kasus lewat petunjuk-petunjuk yang ditemukan.

Sekarang anda bisa membuat sendiri TTS materi pelajaran anak anda, soal dan jawaban anda yang tentukan lalu biarkan EclipseCrossword yang menyusun teka-tekinya.
EclipseCrossword adalah gratis. Ini bukan versi trial yang terbatas, dan tidak mengandung virus, spyware, atau iklan. Download langsung dari http://www.eclipsecrossword.com/

The Teacher's Pet

Masih kurang....??? ini ada satu lagi aplikasi buat guru yang paling lengkap. Techer's Pet adalah aplikasi unik yang berbentuk toolbar add-on di MS WOrd sebagai pengolah kata Anda yang dapat mengubah teks menjadi kegiatan kelas yang menyenangkan.
Dengan Teacher`s Pet seorang guru dapat membuat teka-teki silang, permainan acak kata, mencari kata, flashcards, cloze tes, mencockan Sentence, soal Verb Tense, pilihan ganda dan banyak lagi.
Download teacher`s pet secara garatis di http://www.teachers-pet.org/


Nb: jika yang lain punya aplikasi bagus lainnnya share sekalian ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kirimkan komentar anda *pilih anonymus jika anda tidak memiliki akun google